Rapat Koordinasi RPJPD Kota Palu 2025 – 2045

Pemerintah Kota Palu, melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Palu, tengah menyusun Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan melaksanakan pertemuan koordinasi Tim RPJPD pada Hari Selasa, 17 Oktober 2023.

Rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) adalah dokumen perencanaan daerah untuk periode 20 (dua puluh) tahun, yang nantinya menjadi acuan bagi Rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) atau dokumen perencanaan daerah untuk periode 5 (lima) tahun.

Mengacu pada tema RPJMN Nasional, RPJPD 2025-2045 memiliki tema Menuju Kota Palu Emas.

Rapat dipimpin oleh Kepala Bidang Perencanaan, Ibu Wahyuni, S.Pd, M.Pd, didampingi oleh Mohamad Ahlis yang bertindak sebagai Ketua Tim Tenaga Ahli. Rapat tersebut membahas antara lain mengenai Draft of Draft (DoD) RPJPD Tahun 2025 – 2045, termasuk jabaran Visi dan Misi dalam Bab IV, serta jabaran Kota Palu 20 tahun ke depan pada Bab V.

Dalam rapat tersebut disimpulkan antara lain:

Tim Penyusun Bappeda akan menyusun tabel target capaian realisasi, proyeksi 256 IKU, IKK, IKD dari RPJPD Periode sebelumnya, yaitu tahun 2005-2023, serta target untuk 2025-2045. Dengan target realisasi yang akan dikelompokkan dalam perbandingan realisasi: target tercapai, target terlampaui, dan target tidak tercapai untuk menjadi bagian dari Bab 5.

Selain itu diputuskan pula bahwa Bappeda perlu mengundang tim KLHS RPJPD dan tim DLHD dalam kick off meeting RPJPD untuk mengintegrasikan KLHS dalam RPJPD sesuai pasal 6 Permendagri 7/2018.