Proyek Kerjasama Penguatan Masyarakat Huntap Tondo 1 dan Kunjungan JOCA Jepang

Pemerintah Kota Palu bekerjasama dengan Pemerintah Kota Iwanuma Jepang dan Japan Overseas Cooperative Association (JOCA) Tohoku dalam rangka optimalisasi pelaksanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana di Kota Palu.

Kerjasama ini dilaksanakan melalui Proyek Pembuatan Model Komunitas Rehabilitasi dan Rekonstruksi di Hunian Tetap Tondo 1 Kota Palu.

Sehubungan dengan proyek tersebut, Tim JOCA Tohoku Jepang didampingi oleh JICA Tohoku Jepang sebagai lembaga donor, berkunjung dan melaksanakan Rapat Laporan Tahunan bersama pemerintah Kota Palu yang dipimpin oleh Wali Kota H. Hadianto Rasyid, SE pada hari Selasa, 18 Agustus 2023.

Dalam rapat tersebut, Tim JOCA Tohoku yang dipimpin oleh Tn. Hoshi Eiji sebagai Project Director dan didampingi oleh Bappeda Kota Palu sebagai mitra, melaporkan bahwa permasalahan yang mereka temukan antara lain adalah kurangnya kesadaran masyarakat terhadap mitigasi risiko bencana. Karenanya, JOCA berniat untuk membangun komunitas tangguh bencana di Huntap Tondo 1 sebagai pilot dan model project, yang nantinya dapat menjadi percontohan bagi kawasan hunian tetap lainnya.

Kunjungan Tim JOCA Tohoku dan JICA Tohoku akan berlanjut selama beberapa hari Hingga Selasa, 25 Juli 2023, dengan agenda lain seperti pertemuan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palu, kunjungan dan interview dengan komunitas masyarakat di Huntap Tondo 1, kunjungan ke gudang logistik Kota Palu, rapat strategi mitigasi bencana dengan Bappeda dan BPBD Kota Palu, serta interview dengan RT/RW Huntap Tondo 1.