Tangkal Hoaks dengan Literasi Digital

Pemerintah kota Palu melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Palu menggelar Motesa Ngata #05 pada jum’at, 30 Juli 2021 pukul 20.00 wita melalui via zoom

“Bicara soal literasi digital, saat ini  hoaks dimana-dimana , pemerintah telah menjadikan hoaks  sebagai  momok,.Kita sama-sama  memanfaatkan, ilmu menjadi positif Literasi digital merupakan  kemampuan menggunakan digital,  Sekarang, orang berlomba-lomba menshare Informasi , menjadi orang pertama, padahal belum tentu kebenarannya”

Diskominfo  melalui kesempatan ini menghimbau kepada masyarakat, agar bila ada berita yang tidak jelas sumbernya jangan dishare. Ada UU ITE yang akan menghukum  para penyebar hoaks.

Forum komunikasi pembangunan kali ini secara khusus mengangkat tema ” Tangkal Hoaks dengan Literasi Digital ” Acara yang dipusatkan Command Center Pemerintah Kota Palu.

Adapun narasumber dalam Motesa Ngata #05 yakni Kadis Diskominfo Ichsan Hamsah., SH., M.Si, Kasubdit 5 Cyber Reskrim Polda Sulteng Kompol.M.Sumangkut,Akademisi FISIP Untad  Tadulako DR. Achmad Herman.,S.sos.,Msi, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Palu Moh.Iqbal.

mendasari  bicara hoaks  dengan UU Hukum Pidana RI No 1 tahun 1946. UU Republik Indonesia No 40 tahun 2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras dan Etnis. UU  No 19 tahun 2016 tentang perubahan UU No. 11 tahun 2008, tentang Informasi  dan transaksi elektronik.

Menurut Undang undang,Hoaks berasal dari bahasa Inggris  berarti tipuan, menipu, berita bohong, berita palsu dan kabar burung. Jadi Hoaks adalah  ketidakbenaran  atas suatu informasi. Informasi yang tidak benar tetapi dibuat seolah-olah benar. Hoaks berita yang tidak bersumber.

Cara  Orang memastikan Hoaks adalah langsung memeriksa kebenaran berita itu. Langsung dicek, 83 %

Menanyakan Sumber tidak jelas, 54 %,Mecocokan berita 44%. Ciri-ciri Berita Hoaks:,Sumber tidak jelas,Isi berita aneh,Judul Sensasional.

Semua Hoaks bermula dari jari kita, padahal kita  tak dapat hadiah saat kita paling pertama mentransmisi suatu berita. Ingat kita tidak punya izin untuk mentransmisi suatu informasi, yangpunya izin adalah Para Jurnalis atau media.

acara ini di hadiri seluruh kepala sekota di kota palu serta stakeholder terkait lainnya.difasilitasi oleh Bappeda Kota Palu dan disiarkan oleh Diskominfo Kota Palu.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*