Tantangan Pendidikan di Era New Normal

Pemerintah kota Palu melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Palu menggelar Motesa Ngata #04 pada jum’at, 23 Juli 2021 pukul 20.00 wita melalui via zoom

“Sudah  Satu setengah   setahun pandemi,  banyak tantangan yang kita hadapi, Imbasnya pada dunia  pendidikan, Pembelajaran tatap muka berubah menjadi  kelas Online atau kelas daring. Bukan hanya pada pemerintah, dampaknya  juga dirasakan  guru,  Orang Tua serta peserta didik . Oleh Karena itu Tujuan diskusi untuk menemukan solusi terkait   pedidikan di masa pandemi.”

Forum komunikasi pembangunan kali ini secara khusus mengangkat tema ” Tantangan Pendidikan di Era New Normal ” Acara yang dipusatkan Command Center Pemerintah Kota Palu.

Adapun narasumber dalam Motesa Ngata #04 yakni Plt. Dinas Pendidikan Kota Palu Abdul Hafid Djakatare, S.Ag, Kepala Sekolah SD Khalifah Palu Rosmayanti, S.pd, Pemerhati Pendidikan (Eduloka Palu),Akademisi Dr.H.Lukman. Tahir,. M.A.

“Malam ini kita memberikan akan solusi, karena Maret covid sudah, hari ini pandemi agar menyesuaikan, Perintah Gubernur Nomor 420- 552, Palu masih berada dalam zona merah, maka belum diizikan  untuk tatap muka, kita harus beradaptasi.

Kami dinas pendidikan melihat tantangan sekaligus peluang  berada di era new normal. contoh, yang dilalukan kepala sekolah secara Online, itu yang dilakukan saat covid,  kita tidak bisa menghindar dari covid ,tetapi  kita berupaya, kita tidak boleh mengurangi tujuan pendidikan.  Kendala Bagian atas kota Palu menjadi tugas Dinas Pendidikan, jaringan yang lalot. Akan ada penyeragaman  menggunakan media pendidikan, terutama di bagian atas  kota Palu.Terkait  peluang; contoh para orang tua, tadinya tidak merasa susahnya guru mengajar, sekarang mereka sadar bagaiman situsi yang dihadapi guru di sekolah.

Dari segi Biaya, pandemi ini mengurangi biaya menggunakan kendaraan  menuju ke sekolah,  apalagi  PNS masuk kerja jam 7.15.

“Sekarang anak-anak rindu sekolahnya, ingin beraktifitas bersama di sekolah , telah 1,5  tahun  belajar daring, di Palu beda sekolah beda teknis yang diambil,  pada awal ini saya ingin menyamakan persepsi dulu tentang  pembelajaran di era pendemi berhubungan dengan  e-learning, era pandemi kita dipaksa mempercepat pembelejaran  revolution e-learning, sebelum ini kita melakukan  konvesional  school, tatap muka di sekolah, lalu  system berubah blended learning  dan hybrid learning, lalu distance learning dan ada juga massive open Online Course.

Di Indonesia  sendiri khususnya di  Palu kebijakan sebelumnya distance learning. Kesiapan  sekolah tatap muka telah dimulai 2020,  termaksud data  monitoring, Sarana dan pra sarana setiap sekolah .Loss learning  hanya kasusistik, diadakan kunjungan pada siswa yang tidak ada kabar selama pembelajaran selama pandemic.

acara ini di hadiri seluruh kepala sekota di kota palu serta stakeholder terkait lainnya.difasilitasi oleh Bappeda Kota Palu dan disiarkan oleh Diskominfo Kota Palu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*