Rapat Seminar Awal Perhitungan Indeks Ketimpangan Wilayah Di kota Palu

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) merupakan salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu daerah dalam suatu periode tertentu, baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasar harga konstan.
Gambaran inilah yang mendasari dilaksanakannya pertemuan seminar awal perhitungan indeks ketimpangan wilayah kota Palu.
Rapat dilaksanakan di ruang pertemuan Bantaya kantor Wali Kota Palu belum lama ini. Rapat dibuka oleh Sekdis Bappeda Kota Palu H Ibnu Mundzir M.Eng.
Hadir pula dalam pertemuan tersebut Kepala Badan Pusat Statistik Kota Palu GA Nasser SE, MM serta dihadiri sejumlah OPD dan perwakilan masing masing kecamatan se kota Palu.
Rapat tersebut kata Sekdis Bappeda adalah sekaitan dengan perhitungan indeks ketimpangan wilayah kota Palu melalui analisis Williamson untuk PDRB tingkat kecamatan.
Sebutnya lagi, laju pertumbuhan ekonomi merupakan suatu indikator ekonomi makro yang menggambarkan seberapa jauh keberhasilan pembangunan suatu daerah dalam periode waktu tertentu.
Dengan demikian indikator ini dapat pula dipakai untuk menentukan arah kebijakaan pembangunan yang akan datang. Untuk mengukur besarnya laju pertumbuhan tersebut dapat dihitung dari data PDRB atas dasar harga konstan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*