Profil BAPPEDA Kota Palu

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah sebagai satuan kerja perangkat daerah Kota Palu memiliki peran strategis dalam perencanaan pembangunan daerah, penelitian dan pengembangan daerah, dengan fungsi yang meliputi pengkajian, perencanaan, koordinasi perumusan kebijakan teknis, pembinaan pemantauan dan pengendalian sesuai dengan lingkup tugas.

Untuk mewujudkan tugas dan fungsi secara efektif, maka lembaga ini bukan hanya membutuhkan berbagai dukungan berupa kewenangan, finansial, fasilitas kerja, dan aparatur yang memiliki kinerja yang tinggi, namun seluruh aktivitas kegiatannya harus terpola dan terencana dengan tepat.

Perencanaan yang dimaksud ialah hasil dari pemilihan alternatif yang berhubungan dengan kenyataan-kenyataan, membuat dan menggunakan asumsi-asumsi yang berhubungan dengan waktu yang akan datang (future) dalam menggambarkan dan merumuskan kegiatan-kegiatan yang diusulkan dengan penuh keyakinan untuk tercapainya hasil atau sasaran yang telah dan akan ditetapkan. Sedang kata tepat secara kontekstual dikaitkan dengan penenuaian kewajiban sosial organisasi, pencapaiaan tujuan organisasi, dan komitmen dari pencapaian tujuan-tujuan pribadi anggota organisasi Bappeda.

Berdasarkan peran, tugas dan fungsi Bappeda Kota, serta urgensi perencanaan manajemen organisasi, maka Beppeda Kota Palu perlu menetapkan rencana strategi, rencana strategi ini sebagai kerangka Bappeda dalam mengatur seluruh sumber daya yang terdapat di kantor Bappeda Kota Palu menuju penenuaian tujuan secara efektif dan efisien.