Petugas Dishubkominfo Kota Palu Sosialisasikan Rekayasa Jalan

32Setelah sempat jalur rekayasa lalu lintas diterobos warga karena tidak melihat adanya petugas, petugas Dishub Kota Palu kembali terlihat berjaga disejumlah titik jalur rekayasa, salah satunya di tugu persimpangan jalan Diponegoro dan jalan Wahid Hasyim.

Kehadiran petugas Dishub disejumlah titik jalur rekayasa tersebut boleh jadi berkaitan dengan semakin ramainya arus lalu lintas. Pantauan redaksi, jumlah kendaraan memang terlihat lebih meningkat dari hari-hari sebelumnya. Kehadiran petugas Dishub tersebut selain mengatur arus lalu lintas juga ditujukan untuk melakukan sosialisasi kepada pengguna jalan. Tujuannya untuk membiasakan menggunakan satu arah sebagaimana rekayasa lalu lintas yang saat ini tengah diterapkan.

Menurut Petugas Dishub, rekayasa lalu lintas sudah tepat dilakukan mengingat jumlah kendaraan di Kota Palu semakin meningkat. Soal adanya tanggapan negatif dari masyarakat, tidak lain disebabkan belum terbiasanya menggunakan jalur satu arah.

“Jika masyarakat sudah terbiasa, saya rasa masyarakat akan tahu manfaatnya,” kata salah seorang Petugas Dishub.

Ia menambahkan saat ini sudah mulai dirasakan manfaatnya oleh pengguna jalan. Walaupun kendaraan terlihat padat, namun lebih teratur dibandingkan sebelum rekayasa lalu lintas diberlakukan.

Bukan itu saja, jalan-jalan utama yang menghubungkan rekayasa lalu lintas seperti jalan Diponegoro dan jalan Wahid Hasyim, juga diturunkan petugas Dishub dalam mengantisipasi jika ada pengguna jalan yang melanggar jalur rekasaya lalu lintas.

“Kami akan memberikan pengertian kepada pengguna jalan yang kedapatan melanggar jalur yang sudah ditentukan, agar membiasakan untuk menggunakan jalur satu arah,” pungkasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*