ANALISIS SITUASI PEMBANGUNAN MANUSIA KOTA PALU TAHUN 2014

dpn ASPMKeberhasilan pembangunan khususnya pembangunan manusia dapat dinilai secara parsial dengan melihat seberapa besar permasalahan yang paling mendasar di masyarakat tersebut dapat teratasi. Permasalahan tersebut diantaranya adalah kemiskinan, pengangguran, buta huruf, ketahanan pangan dan penegakan demokrasi. Namun persoalannya adalah capaian pembangunan manusia secara parsial sangat bervariasi dimana beberapa aspek pembangunan tertentu berhasil dan beberapa aspek pembangunan lainnya gagal.

Dewasa ini persoalan mengenai capaian pembangunan manusia telah menjadi perhatian para penyelenggara pemerintahan. Berbagai ukuran pembangunan manusia dibuat namun tidak semua dapat digunakan sebagai ukuran standar yang dapat dibandingkan antar wilayah atau antar negara. Oleh karena itu Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan suatu ukuran standar pembangunan manusia yaitu Human Development Index (HDI) atau Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang dibentuk berdasarkan empat indikator yaitu angka harapan hidup, angka melek huruf, rata-rata lama sekolah dan kemampuan daya beli.

Secara umum publikasi ini untuk menyiapkan perangkat yang digunakan agar perencanaan pembangunan dapat dilakukan dengan lebih baik dan terarah sehingga mencapai sasaran sebagaimana yang ditentukan, dengan demikian buku Analisis Situasi Pembangunan Kota Palu Tahun 2014 ini bertujuan menyiapkan basis data, indikator dan indeks yang memberikan gambaran tentang kemajuan pembangunan manusia guna melengkapi basis data pembangunan di Kota Palu

untuk lebih lengkapnya dapat dilihat di ANALISIS SITUASI PEMBANGUNAN MANUSIA KOTA PALU 2014

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*