Pemerintah Kota Palu Mewujudkan Pemerintahan Yang Baik dan Bersih atau Good And Clean Governance

Upaya Pemerintah Kota Palu untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih atau good and clean governance. Gambaran inilah yang menginisiasi Pemerintah Kota Palu dengan melibatkan multipihak dalam proses perencanaan hingga evaluasi dan pengendalian pembangunan.
Wadah tersebut melalui inovasi daerah pada Forum Komunikasi Pendampingan Pembangunan Pemerintah Kota Palu.
Forum ini dibentuk dalam rangka menciptakan pemeritahan yang responsif, transparan, dan akuntabel. Goal dari keterlibatan pemangku kepentingan pembangunan ini bukan sekadar membangun pondasi good and clean governance, namun juga untuk mewujudkan serta mempercepat pencapaian visi dan misi Pemerintah Kota Palu, agar menjadi lebih focus dan terarah.
Atas upaya inovasi daerah inilah, mendapat tanggapan positif dari Pengamat Kebijakan Publik Ir Dharma Gunawan Mochtar.
Menurutnya, inovasi Tim Pendamping Pemerintah Kota Palu sudah efektif karena tugas Tim Pendamping adalah memberikan masukan dan evaluasi terhadap tahapan perencanaan pembangunan, baik dari aspek sosial, infrastruktur dan ekonomi.
Pembentukan tim pendamping atau tenaga ahli kepala daerah dapat dilakukan jika berdasar beberapa hal, yaitu berdasarkan konstitusi, perundang-undangan, doktrin hukum dan praktik ketatanegaraan penyelenggaraan pemerintahan daerah di Indonesia selama ini.
Maka, Pembentukan tenaga ahli untuk membantu seorang kepala daerah, dalam hal ini kepala daerah dalam sistem ketatanegaraan di Indonesia diperbolehkan sepanjang demi kepentingan umum dan mensejahterakan masayarakat daerah.
Serta tidak bertentangan hukum yang lebih tinggi. Selain itu, tujuan utamanya adalah untuk mensejahterakan masyarakat, maka negara pada konteks ini pemerintah daerah harus ikut terlibat aktif dalam urusan masyarakat khususnya dalam mensejahterakan masyarakatnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*