Kota Palu, Kembali bersiap untuk penilaian kota sadar HAM tahun 2021

Kota Palu, Kembali bersiap untuk penilaian kota sadar HAM tahun 2021

Bappeda (04/16) Badan Perencanaan Pembangunan Kota Palu melaksanakan kegiatan Evaluasi Aksi Hak Asasi Manusia (HAM) 2020 dan Persiapan Penginputan  Aksi Ham Tahun 2021 Periode B-04. Kegiatan tersebut juga membahas mengenai  pencapaian dan juga menjelaskan mengenai prosedur pelaporan HAM.

Untuk Tahun ini ada perbedaan penilaian dan metode serta indicator penilaian evaluasi Aksi Hak asasi manusia tahun  2021, khususnya mengenai penekanan penilaian.

“Kegiatan HAM yang dilaksanakan hari ini  berupa laporan capaian HAM untuk B4, B8 dan B12. Laporan HAM dilaporkan tiap 4 bulan dengan beberapa hak yang dipenuhi seperti , Hak Perempuan, Hak Anak, Hak Penyandang Disabilitas, Hak komunitas Masyarakat Adat,” ujar Tri Fujiastuti, selaku admin penginputan penilaian evaluasi HAM tahun 2021.

Kegiatan yang dihadiri oleh berbagai Organisasi Perangkat Daerah yang terkait kegiatan aksi HAM tersebut, acara dilaksanakan di Ruang Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Palu, dipimpin langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Palu, Rifany Pakamundi.

Dalam arahannya Rifani, menekankan untuk seluruh OPD agar bisa lebih serius mengumpukan bahan yang diperlukan, dan terus melakukan Kerja sama yang baik antara Bappeda Kota Palu selaku admin penginputan dan Bagian Hukum dan Perundangan selaku sekretariat pelaksanaan kegiatan.

Juga pada rapat tersebut, Bappeda Kota Palu, mendapatkan tanggung jawab untuk pertama, Melakukan koordinasi dengan Perangkat Daerah dalam pelaksanaan dan penyusunan pelaporan Aksi HAM pemerintahan Kota tahun 2020, kedua. Melakukan penginputan seluruh laporan capaian keberhasilan Aksi HAM Pemerintah Kota Tahun 2020 kedalam website System http://serambi.ksp.go.id yang di jaga kerahasiaan akun username dan password. Ketiga, Melakukan monitoring evaluasi pelaporan Seluruh Aksi HAM ke dalam system pemantauan aplikasi http://serambi.ksp.go.id untuk perangkat Daerah Pemerintah Kota.

Harapannya, kota palu, Kembali dapat mempertahankan predikat Kota sadar HAM, sama seperti tahun lalu, yang penghargaannya diserahkan langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah, kunci Rifani, menghadiri penjelasannya

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*