Kejar Deadline, BPBD Palu Kerja Ekstra Input Data Penerima Stimulan II

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Pota Palu Muhammad Issa Sanusi mengatakan, mereka harus bekerja ekstra untuk merampungkan data penyintas bencana penerima dana stimulan II.

“Biasanya Sabtu dan Minggu libur, kami tetap masuk kerja. Jam kerja saya tambah dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Jam 5 sore sampai jam 12 malam itu proses penginputan dan pembukaan SK untuk penyaluran dan pembukaan rekening bagi warga masing-masing,” ungkapnya pada Sabtu, 13 Juni 2020.

Issa menjelaskan, penyaluran dana stimulan tahap dua, berdasarkan petunjuk teknis dengan panduan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat. Kata dia, dalam proses administrasi, ada 14 berkas yang harus ditandatangani 38.805 warga.

“Penginputan kami memberikan tanggung jawab satu operator kecamatan 400 KK. Untuk percepatan, 400 KK ini saya bagi dua kali dalam satu Minggu. Sehingga dalam satu Minggu saya membuka dua SK pembukaan rekening dan pencairan dana,” jelasnya.

Issa mengaku, dalam satu pekan, BPBD Kota Palu menerima 2.000-2.500 data warga dengan dua kali SK pembukaan rekening dan pencairan dana.

Issa mengatakan, sampai saat ini realisasi pencairan dana stimulan tahap II sudah 55,75 persen atau sebanyak Rp306 miliar lebih dari total Rp789 miliar lebih.

Penerima yang dananya telah cair terdiri 19.235 unit rumah rusak (12.666 unit rusak ringan, 5.964 rusak sedang, dan 605 unit rusak berat).. (yusuf)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*