Melalui Vicon, Ini Musrenbang Terakhir Hidayat-Sigit Purnomo

Sekretaris Daerah Kota Palu H Asri mewakili walikota membuka Musrenbang RKPD Kota Palu tahun 2020 melalui Video Conference Kamis, 9 April 2020 di ruang kerja Walikota Palu

Sekkot Asri yang membacakan sambutan tertulis Walikota mengatakan, Musrenbang kali ini memiliki perbedaan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain harus dilakukan tanpa tatap muka langsung, juga ini merupakan Musrenbang terakhir kali masa periode Pemerintahan Walikota Hidayat dan dan Wakil Walikota Sigit Purnomo.

“Ini merupakan perencanaan tahunan dengan maksud untuk mengakomodir kepentingan masyarakat sekaligus sebagai wadah partisipasi dalam menghasilkan rencana program dan kegiatan yang lebih aspiratif dan transparan serta dapat dipertanggungjawabkan secara akuntabel,” katanya.

Sekkot menyatakan proses penjaringan aspirasi masyarakat secara berjenjang, bagian rangkaian proses teknokratik dalam penyusunan dokumen RKPD yang dilakukan secara bertahap dan partisipatoris, mulai tingkat kelurahan, kecamatan, forum OPD, sampai hari ini keseluruhan proses tersebut diformulasikan melalui pelaksanaan Musrenbang kota Palu.

Dalam Musrenbang RKPD kali ini, katanya menggunakan sistem virtual, memanfaatkan Zoom Clude Meeting, Model Teleconference, sebagai bentuk inovasi untuk social distintion, agar bisa memperkecil potensi sebaran virus Corona di kota Palu.

“Saya berharap semua peserta dapat lebih serius membicarakan isu-isu ketangguhan bencana baik bencana alam maupun non alam yang sifatnya strategis menjadi lebih detaik, lebih rinci, dan lebih operasional, sehingga tema tentang tangguh bencana dapat terealisir dan saya berharap semuanya dapat dibedah secara utuh dan serius,” harapnya.

Khusus untuk recovery kebencanaan, Walikota melalui Sekkot ingin semua pihak dapat memiliki pemahaman yang utuh, perspektif yang kontekstual terhadap permasalahan kota Palu pada tahun ini dan tahun depan, utamanya dikaitkan dengan masalah utama apa yang sedang dihadapi.

“Khususnya pemulihan mata pencaharian masyarakat dan pemenuhan kebutuhan dasar para penyintas,” lanjutnya.

Sekali lagi, Sekkot berharap penyusunan program dan aksi-aksi nyata di lapangan bisa menjawab berbagai permasalahan dan bisa menukik untuk mencapai sasaran-sasaran yang telah termaktub dalam dokumen RPJMD kota Palu.

 

(yusuf)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*