Rapat Koordinasi Program Penanggulangan Kemiskinan Tahun 2019

Wali kota Palu diwakili Asisten II Bpk. Ir. Singgih Budi Prasetyo,M.Eng.Sc menghadiri Rapat Koordinasi program penanggulangan kemiskinan kota palu Tahun 2019 di Ruang Rapat Bantaya pada Selasa, 15 Oktober 2019.

Asisten II mengatakan penanggulangan kemiskinan menjadi prioritas dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) kota Palu tahun 2016-2019, dengan tingkat kemiskinan ditargetkan menjadi 6-7 %.

“Itu merupakan target kita bersama, untuk itu semua pihak terkait perlu untuk berkolaborasi,” ucap Asisten II.

Ia mengatakan dalam hubu

ngan ini diprogra

mkan secara menyeluruh oleh masing masing OPD dilingkup pemerintah kota Palu yang secara garis besar tercakup dalam 5 (Lima) bidang p

rioritas yaitu bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang infrastruktur, bidang pengembangan ekonomi kerakyatan dan bidang parawisata.

Lebih lanjut, katanya int

erven

sinya diarahkan pada 3 kluster. Kluster I, program penanggulangan kemiskinan berbasis bantuan dan perlindungan sosial, klaster II program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat, dan klaster III program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan usaha mikro.

“Agar upaya pengentasan kemiskinan berjalan secara sinergis dan berkelanjutan harus dilakukan melalui dua sisi secara terpadu yaitu dari sisi penghidupan masyarakat miskin, dari sisi penghidupan, terutama bagi masyarakat yang miskin kronis atau sulit keluar dari kemiskinan,” katanya

Selain itu, katanya diperlukan upaya-upaya yang secara langsung membantu mereka untuk hidup layak, baik dari sisi sisi pendapatan maupun akses terhadap berbagai pelayanan dasar. Untuk itu penyediaan program dan layanan pembangunan diupayakan adanya sinergi antara perencanaan dan penganggaran agar berpihak pada masyarakat miskin,atau penanggulangan kemiskinan.

Di akhir sambutannya asisten II menyampaikan permohonan bagi masing masing OPD teknis yang berkaitan dengan pengembangan ekonomi kerakyatan agar di tahun anggaran 2019 dapat di jaga dan di realisasikan secara tepat sasaran, sehingga target pengentasan kemiskinan pada tahun 2021 sebagimana target yang tertuang dalam RPJMD sebesar 6% dapat tercapai dalam artian dari tahun ke tahun jumlah orang miskin semakin berkurang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut yaitu, Kepala OPD, Eselon III dan IV, Badan perencanaan pembangunan kota palu, Lurah dan camat, anggota tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah kota Palu.

( humas dan protokol pemkot palu)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*