Selain Sampah yang Berserakan, Jalan Berlubang juga menjadi Hadiah bagi Warga Kota Palu di Musim Hujan

jalan_rusak_terbengkalai

Hujan yang terus mengguyur Kota Palu hingga beberapa pekan terakhir, ternyata tidak hanya menimbulkan sampah yang berserakan dimana-mana, tetapi puluhan lubang baru juga mulai bermunculan di beberapa ruas jalan. Yang paling disayangkan, jalan yang baru dilakukan perawatan oleh pemerintah kota maupun pemerintah provinsi beberapa waktu lalu mulai rusak lagi. Bukan hanya bergelombang, tetapi juga mulai berlubang.

Contohnya Jalan Towua dan Jalan I Gusti Ngurah Rai yang terletak  di Kelurahan Tatura Selatan, Palu Selatan. Jalan tersebut sebelumnya mengalami rusak parah, berbatu, berpasir dan lubang-lubang yang mencapai 7 hingga 10 cm menghalangi para pengendara yang hendak melintas di jalan itu. Setelah dilakukan perbaikan dan pelebaran ruas, jalan tersebut sudah bisa dilalui oleh pengendara tanpa harus dikhawatirkan lagi. Namun kesenangan yang dirasakan oleh masyarakat tidak berlangsung lama. Pasalnya, hujan yang terus mengguyur Kota Palu hingga berjam-jam, kembali menyebabkan kerusakan sedang hingga rusak parah.

Keluhan demi keluhan masyarakat sangat intens menyoroti kondisi Jalan di beberapa ruas jalan se Kota Palu yang mengalami nasib yang sama. Hal ini terlihat dengan intensnya kritikan masyarakat yang bermunculan pada rubrik Masyarakat Bertanya Bappeda Menjawab yang terbit setiap harinya pada koran harian Radar Sulteng.

Menanggapi keluhan masyarakat tersebut, sudah sepatutnya pemerintah kota bersama-sama dengan pemerintah provinsi agar segera mereview kembali kondisi ruas jalan di lapangan yang mengalami kerusakan untuk segera dilakukan perbaikan, sehingga berbagai keluhan masyarakat semisal masalah kemacetan dan kecelakaan berlalu lintas bisa segera teratasi.

Perlu jadi catatan bahwa dalam melakukan perbaikan hendaknya memenuhi standar pekerjaan yang layak sehingga konstruksi dan daya tahan ruas jalan yang diciptakan bisa lebih baik lagi dan mampu bertahan lama dari berbagai bencana yang menjadi penyebab kerusakannya.

#Admin

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*