Data Dampak Bencana Pasigala Belum ‘Harga Mati’, BNPB Pastikan Dana Stimulan Perbaikan Rumah Rusak

Gubernur Sulteng H Longki Djanggola, Kepala BNPB Willem Rampangilei dan Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati memberikan keterangan pers terkait penanganan paska bencana, Kamis 17 Januari 2019 di Kantor Gubenur Sulteng. Foto: HAMDI ANWAR/ PE

Terkait dengan data mengenai bencana di Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala) yang baru saja dirilis Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Pemprov Sulteng), Gubernur Sulteng H Longki Djanggola, masih bisa melakukan perubahan

Penegasan ini untuk menjawab apakah ada keluhan masyarakat yang langsung terlihat, namun tidak terakomodir dalam data tersebut. Khususnya data mengenai kondisi bangunan atau rumah rusak. Penyebab data ini menjadi pijakan untuk menyalurkan dana stimulan perbaikan rumah dengan kategori rusak berat, sedang dan ringan.

Menurutnya, data yang terkait masing-masing pemerintah kabupaten kota terdampak. Bukan data yang dibuat kemudian diterbitkan Pemprov Sulteng.

“Bukan kami yang membuat datanya. Data itu kami terima masing-masing dari masing-masing kabupaten, ”kata Longki dalam keterangan persnya, Kamis 17 Januari 2019 usai sidang rapat koordinasi bersama BNPB, BMKG dan Satgas PUPR.

Longki menyebut, jika masih terjadi pergerakan data di kabupaten kota, itu tergantung kebijakan masing-masing daerah. Pihaknya tetap akan siap menindaklanjuti perubahan.

“Kalau toh data itu masih bergerak. Ya Kabupaten Berarti masih harus diubah, ”sebutnya.

Longki menyatakan, pihaknya tetap akan membuka ruang jika memang masih terjadi perubahan data ditingkat kabupaten kota.

“Saya masih bisa juga mengubah lagi. Artinya data itu bergerak. Tidak harga mati sebenarnya, ”jelas Longki.

……… sumber data diambil dari   PALU EKSPRES (https://paluekspres.fajar.co.id) ………….

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*