SAMBUTAN WALIKOTA PALU SAAT PEMBUKAAN MUSRENBANG KOTA PALU TAHUN 2010

SAMBUTAN WALIKOTA PALU SAAT PEMBUKAAN MUSRENBANG KOTA PALU TAHUN 2010

PERTAMA-TAMA SELAKU UMAT BERAGAMA, SAYA MENGAJAK KEPADA KITA SEKALIAN,UNTUK SENANTIASA MEMANJATKAN PUJI SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT, TUHAN SEMESTA ALAM, KARENA ATAS LIMPAHAN RAHMAT, TAUFIK DAN HIDAYAH-NYA, SEHINGGA PADA HARI INI, KITA SEMUA MASIH DAPAT BERKUMPUL DALAM KEADAAN SEHAT WALAFIAT DALAM SUASANA AKRAB DAN BAHAGIA, DALAM RANGKA MENGIKUTI ACARA PEMBUKAAN PELAKSANAAN MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN TINGKAT KOTA PALU TAHUN 2010

TEMA PELAKSANAAN MUSRENBANG TINGKAT KOTA PALU TAHUN 2010 UNTUK PELAKSANAAN PEMBANGUNAN TAHUN 2011 ADALAH “PEMBANGUNAN UNTUK SEMUA” DENGAN SUB TEMA “PENINGKATAN DAYA SAING MELALUI PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA”.

MUSRENBANG TAHUN INI, MERUPAKAN MUSRENBANG YANG AKAN MELAKSANAKAN BAGIAN AKHIR DARI RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DAERAH KOTA PALU PERIODE 2006 S.D. 2011 SEHINGGA DIPANDANG SEBAGAI MOMENTUM STRATEGIS SEBAB BERADA DI PENGHUJUNG PERIODE 5 TAHUN MASA JABATAN SAYA SEBAGAI WALIKOTA PALU. MUSRENBANG MENJADI STRATEGIS DISEBABKAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN SECARA IDEAL HARUSLAH MENJADI SUATU PROSES RANGKAIAN PEMBANGUNAN YANG SECARA BERSAMAAN DI DALAMNYA BERLANGSUNG PERTUMBUHAN (GROWTH), PENINGKATAN (IMPROVEMENT) DAN PERUBAHAN (CHANGE), HAL INI BERARTI PERENCANAAN PEMBANGUNAN ADALAH SUATU KONSEP YANG MULTI-DIMENSIONAL, OLEH KARENA ITU PENCAPAIANNYAPUN JUGA MULTI-INDIKATOR.

PEMILIHAN TEMA UNTUK MUSRENBANG KALI INI MEMILIKI KAITAN ERAT DENGAN UPAYA PEMERINTAH KOTA PALU BERSAMA SELURUH ELEMEN KELEMBAGAAN DI MASYARAKAT UNTUK MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN DAERAH KOTA PALU DARI DAN OLEH UNTUK SEMUA DENGAN MEMBANGUN KAPASITAS SUMBER DAYA MANUSIA KOTA PALU AGAR KOTA PALU MEMILIKI DAYA SAING DALAM PEMBANGUNAN DI REGIONAL SULAWESI MAUPUN DALAM SKALA NASIONAL.

KOTA PALU DALAM DIMENSI SPASIAL DAN OPERASIONAL SUDAH MENYIAPKAN SEGALA PIRANTI PENDUKUNGNYA MULAI DARI PENYIAPAN SUMBERDAYA MANUSIA MELALUI PENDIRIAN SEKOLAH KEJURUAN YANG SPESIFIK DAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PELENGKAP SEPERTI KAWASAN INDUSTRI MAUPUN PERANGKAT NORMATIF DAN KELEMBAGAAN AKSELERASI PENDUKUNG SEPERTI KAWASAN EKONOMI KHUSUS (KEK), KAWASAN INDUSTRI PALU (KIP) MAUPUN KAWASAN PENGEMBANGAN EKONOMI TERPADU (KAPET).

DALAM HAL PENINGKATAN KAPASITAS MASYARAKAT KOTA PALU, DI BIDANG PENDIDIKAN TELAH DIRINTIS BEBERAPA SEKOLAH YANG BERSTANDAR NASIONAL BAHKAN INTERNASIONAL, DI BIDANG KESEHATAN TELAH DIBERLAKUKANNYA STANDAR PELAYANAN MINIMAL PADA INSTITUSI KESEHATAN YANG BERSENTUHAN LANGSUNG DENGAN MASYARAKAT, DI BIDANG PERUMAHAN TELAH MULAI DIBANGUN KOMPLEKS RUSUNAWA UNTUK PARA PEKERJA INDUSTRI DAN KELOMPOK MASYARAKAT LAINNYA BAHKAN TAHUN INI JUGA AKAN DIBANGUN RUMAH KHUSUS NELAYAN YANG PEMBIAYAANNYA BERSUMBER DARI ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA NASIONAL PADA KEMENTERIAN PERUMAHAN RAKYAT, DI BIDANG INDUSTRI TELAH DIBANGUN KAWASAN INDUSTRI KOTA PALU DENGAN BEKERJASAMA DENGAN JABABEKA, DIBIDANG PEMERINTAHAN TELAH DIBUKANYA RUANG-RUANG PARTISIPASI PUBLIK DALAM PERENCANAAN, PELAKSANAAN DAN PENGAWASAN JALANNYA PEMBANGUNAN SERTA BERBAGAI KEGIATAN LAINNYA YANG MEMIHAK PADA KELOMPOK MARGINAL BAIK KAUM DHUAFA.

MUSRENBANG MEMANG BELUM SEMPURNA DALAM APLIKASINYA SECARA TOTAL. NAMUN HAL-HAL YANG SUDAH MULAI DIRINTIS DAN BERDIMENSI JANGKA PANJANG YANG TELAH ADA SAAT INI BAIK PADA DIMENSI PEMBANGUNAN, PEMERINTAHAN MAUPUN SOSIAL BUDAYA, HENDAKLAH DICARI CELAH PENGUATANNYA OLEH TIAP SKPD SECARA LEBIH KREATIF. SANGAT DIHARAPKAN SEKALI PENGUATAN YANG DILAKUKAN HARUSLAH BERJALAN DALAM KORIDOR RPJMD YANG TELAH KITA JADIKAN PATRON BERSAMA MENUJU VISI YANG TELAH KITA TETAPKAN DI AWAL MASA PEMERINTAHAN SAYA.

PELAKSANAAN MUSRENBANG TINGKAT KOTA TAHUN INI DIPISAHKAN DENGAN PELAKSANAAN FORUM SKPD. HAL TERSEBUT DIMAKSUDKAN AGAR PERENCANAAN PEMBANGUNAN PARTISIPATIF (BOTTOM UP) DAPAT LEBIH DIKETAHUI DAN DISERAP UNTUK DIKONSULTASIKAN PADA MASYARAKAT DAN PEMANGKU KEPENTINGAN DALAM MUSRENBANG TINGKAT KOTA PALU. SEHINGGA ESENSI TERHADAP TUJUAN, METODOLOGI DAN KELUARAN DARI MASING-MASING PELAKSANAAN KEGIATAN TERSEBUT SANGAT DIUPAYAKAN UNTUK TIDAK AKAN SALING MENGGANGU BAHKAN SALING MELENGKAPI, BAHKAN COBA DICARIKAN CELAH EFESIENSI BERDASARKAN PERSPEKTIF WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN, OLEH KARENA ITU, KESERIUSAN BERSAMA UNTUK IKUT SERTA BERKONTRIBUSI DALAM SELURUH RANGKAIAN KEGIATAN INI HINGGA AKHIR SANGAT DIHARAPKAN.

KEEFEKTIFAN PELAKSANAAN PEMBANGUNAN KOTA PALU SEJAK TAHUN 2006 SAMPAI DENGAN TAHUN 2010 INI DAPAT DILIHAT DARI PERAN YANG DILAKUKAN OLEH SKPD. HASIL EVALUASI PELAKSANAAN RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH KOTA PALU SEBAGIAN BESAR SKPD TELAH MELAKSANAKAN TUGAS DAN FUNGSINYA DENGAN BAIK YANG

DEMIKIANLAH HAL-HAL YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN DALAM KESEMPATAN INI, KIRANYA MELALUI MUSRENBANG TINGKAT KOTA TAHUN 2009 INI, DAPAT MENGHASILKAN TEROBOSAN PIKIRAN, DAN METODOLOGI PENDEKATAN YANG CERDAS YANG DAPAT MENDUKUNG PENCIPTAAN TATANAN PEMBANGUNAN YANG LEBIH BAIK DI KOTA PALU, BAIK PADA MASA KINI MUAPUN PADA MASA MENDATANG.

PELAKSANAAN PEMBUKAAN MUSRENBANG KOTA PALU TAHUN 2010 DENGAN TEMA “PEMBANGUNAN UNTUK SEMUA” DENGAN SUB TEMA “PENINGKATAN DAYA SAING MELALUI PEMBANGUNAN SUMBER DAYA MANUSIA”. DENGAN RESMI SAYA NYATAKAN DIBUKA.
SELAMAT BERMUSYAWARAH, SEMOGA SUKSES SELALU….!
SEKIAN DAN TERIMA KASIH

MALIUNTINUVU, NOSARARA NOSABATUTU

VASTABIQUL KHAERAAT
MALIU NTINUVU, NOSARARA-NOSABATUTU
WASSALAMU ALAIKUM WR. WB.

WALIKOTA PALU,

H. RUSDY MASTURA

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*