Bimtek Percepatan Implementasi Perencanaan Berbasis Elektronik (e-planning) Kota Palu

Dalam rangka percepatan implementasi perencanaan berbasis elektronik (e-planning) dan persiapan untuk peluncuran aplikasi e-planning, Bappeda Kota Palu bersama BPKP Perwakilan Propinsi Sulawesi Tengah mengadakan bimtek pengisian matriks strategi arah kebijakan RPJMD  dengan format e-planning, coaching dan monitoring selama 2 hari (Selasa, 07/08/2018 s/d Rabu 08/08/2018) bertempat di ruang Rapat Bappeda Kota Palu.

Kegiatan Bimtek yang dihadiri oleh Kasubag Perencanaan Program beserta Operator perwakilan seluruh Perangkat Daerah di jajaran Pemerintah Kota Palu.

Bimbingan teknis ini akan memberikan pemahaman kepada operator Perangkat Daerah yang ada tentang cara pengoperasian SIMDA perencanaan (e-planning) baik untuk penginputan dokumen RPJMD, Renstra PD maupun dokumen RKPD dan Renja PD yang merupakan dokumen tahunan.

Tim Satgas BPKP Provinsi Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Elmi Krissantini dan Novena Mayayu P sebagai narasumber, dalam penyampaian “SIMDA Perencanaan dirancang untuk dapat merekam seluruh riwayat akses dan penginputan. Jika terdapat perubahan dalam aplikasi, maka substansi atau isi yang diubah maupun personil yang melakukan perubahan, dapat terlacak, sehingga asas transparansi dan akuntabilitasnya dapat terjaga”, jelas Krissantini.

Sekertaris Bappeda Kota Palu, Suriana mengatakan “e-planning atau SIMDA perencanaan sangat penting sewaktu penyusunan dokumen perencanaan pembangunan 2018 dan selanjutnya. Untuk itu operator yang telah ditunjuk benar-benar dapat menguasai e-planning tersebut”.

Di samping itu diminta pada masing-masing OPD operator yang telah ditunjuk sebisa mungkin tidak melakukan pergantian. Jikapun melakukan pergantian pimpinan Perangkat Daerah harus melatih kembali operator yang baru. ‘’Melakukan pergantian operator perencanaan secara tidak langsung akan merepotkan Perangkat Daerah bersangkutan, karena harus melakukan pelatihan kembali pada operator baru,’’tuturnya.

Sementara Wawan sebagai Kepala Sub Bidang Data dan Informasi menyampaikan “ penggunaan sistem e-planning diharapkan dapat menjadi toll dalam membantu percepatan penyelesaian dokumen tepat waktu.

‘’Peserta bimtek e-planning di lingkungan Pemda Kota Palu yakni seluruh operator SIMDA perencanaan pada Perangkat Daerah. Pengenalan SIMDA perencanaan ini diharapkan para operator mampu menjalankan tugasnya. Sehingga ke depannya seluruh aparat pemerintah mendapatkan informasi tentang rencana pembangunan daerah,’’tuturnya.

‘’SIMDA perencanaan ini sangat berguna nantinya dalam penyusunan RPJMD hingga RKPD di masing-masing Perangkat Daerah. Sehingga dengan adanya e-planning ini dokumen perencanaan pembangunan dapat terarah,’’ pungkas Wawan .

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*