Bappeda Kota Palu Melaksanakan Workshop I Penyusunan KLHS untuk Dokumen RPJMD Perubahan

suasana pembukaan Workshop 1 penyusunan KLHS dokumen RPJMD Perubahan di ruang Bantaya (1/3/2018)

Palu 01/03/2018, Bertempat diruang Bantaya Sekretariat Daerah, Bappeda Kota Palu melaksanakan Workshop I Penyusunan Dokumen KLHS (Kajian Lingkungan Hidup Strategis) untuk kelengkapan Revisi Dokumen RPJMD Kota Palu yang sementara berlangsung, Dalam pelaksanaannya melibatkan Multistakeholders, dari Akademisi, OPD Tingkat Kota dan Provinsi, BUMD, Organisasi Profesi, Tokoh Masyarakat, Seniman, Dewan Adat, Satgas K5, dan para Praktisi Lingkungan, acara workshop ini dibuka oleh Irwan Indrayana selaku kepala bidang perencanaan Bappeda kota Palu.

Menurut Ibnu Mundzir, selaku Kabid Data dan Informasi Bappeda kota palu, bahwa pelaksanaan Workshop 1 ini, difokuskan untuk pelingkupan isu permasalahan pada 3 kelompok yaitu, isu strategis lingkugan, sosial budaya, dan ekonomi.

Dari pelaksanaan ini, dilakukan  pentapisan berbagai isu Sektoral, yang kemudian didekati dengan melakukan perengkingan agar diperoleh peringkat isu strategis yang kemudian akan di dekatkan dengan berbagai Kebijakan, Rencana dan Program yang tertuang dalam Dokumen RPJMD perubahan Kota Palu.

“Harapannya tentu saja berbagai Kebijakan, Rencana Program yang ada dalam Dokumen RPJMD perubahan, kelak akan memiliki sensitivitas terhadap isu Lingkungan, sehingga pembangunan bukan sekedar peningkatan angka dan raihan prestasi ekonomis semata, tapi benar-benar memiliki sensitivitas terhadap potensi degradasi lingkungan dimasa mendatang” ujar ibnu.

Sambungnya bahwa keberadaan dokumen KLHS yang disusun ini,  bukan hanya sekedar, menemukan berbagai permasalahan lingkungan semata, namun juga dapat memberikan mitigasi dan alternatif terhadap berbagai dugaan Kebijakan, Rencana dan Program yang ada, sehingga betul-betul perencanaan yang ada dapat berdimensi pembangunan berkelanjutan.

Setelah dilaksanakan Workahop 1, maka selanjutnya akan dilakukan berbagai kajian dan kerja-kerja studio, khususnya tentang analisa lingkungan dan penyusunan kajian teknis lainnya oleh para tim pokja yang telah terbentuk, dan akan dilanjutkan pada Workshop 2 yang rencananya akan dilaksanakan pada minggu depan.

Dalam pelaksanaan Workshop 1 ini, sebagai awal pelaksanaan berikan Pembekalan dan arahan pelaksanaan oleh Nur Edy, Ph.D, sebagai Tenaga Ahli yang Bersertifikat untuk Penyusunan Dokumen KLHS.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*