Utamakan Pengaspalan Jalan Kriteria Padat Lalin

Masyarakat Kota Palu sepertinya harus lebih bersabar, jika kondisi ruas jalan dalam keadaan yang rusak dan belum mendapat perbaikan dair Pemerintah Kota Palu melalui Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu. Pasalnya, Dinas PU Kota Palu mengakui dalam mengerjakan pengaspalan jalan hanya lebih memilih dan mengutamakan ruas jalan yang mempunyai kriteria seperti ramai dengan lalu lintas (lalin) kendaraan setiap hari.

“Salah satu kendal akarena tidak cukupnya dana, sehingga mana yang lalau lintas padat kita utamakan terlebih dahulu,” kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Kota Palu, Ilyas Ladtjintjo belum lama ini.

Ilyas mengungkapkan, PU sering menerima laporan atau usulan dari warga Kota Palu bahwa ruas jalannya bisa mendapat perbaikan dan diaspal secepatnya.

Namun, dari banyaknya laporan tersebut, tahun 2016 ini, Dinas PU Kota Palu hanya bisa mengaspal kurang lebih 70 ruas jalan, dari masih adanya jalan dengan kondisi yang memprihatinkan. Pengaspalan jalan juga biasa hanya pada sisi kanan dan kiri saja, karena dilihat masih bagus kondisi aspal di bagian tengah.

“Masuk November ini pengaspalan 70 ruas jalan sudah mencapai 90 persen, tersisa 10 persen lagi. Kami targetkan bisa rampung yang 10 persen inis ebelum tahun 2017 mendatang,” kata Ilyas.

Dia menambahkan, PU mencatat khusus jalan kota hingga sampai saat ini yang masuk ke dalam SK Gubernur Sulteng mencapai seribuan lebih ruas jalan. Dari jumlah tersebut menurut Ilyas, masih banyak ruas jalan yang belum masuk ke dalam hitungannya.

“Itu masih jalan yang terdaftar, jalan-jalan lingkungan itu masih banyak yang belum terhitung. Bahkan jalan lingkungan juga masih banyak rusak,” ungkap Ilyas. (Harian Umum Radar Sulteng/acm)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*