Tekanan Rem Kendaraan Picu Jalan Bergelombang

Aspal bergelombang di sejumlah ruas jalan di Kota Palu dikeluhkan banyak pengendara dan dapat membahayakan, terutama para pengendara roda dua. Aspal bergelombang ini semakin meninggi, hal ini dinilai karena intensitas kendaraan yang berkapasitas berat yang melintas di ruas jalan tersebut.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palu, Ilyas Ladtintjo mengatakan, salah satu jalan yang bergelombang terdapat di Jalan I Gusti Ngurah Rai. Menurutnya, tahun 2014 silam kewenangan jalan tersebut masih di Dinas PU Kota, namun sejak tahun 2015 hingga sekarang sudah berpindah tangan.

“Sekarang Provinsi yang ambil alih jalan itu. Memang kondisinya menggelinding, tidak mulus sedikit bergelombang-gelombang,” akunya belum lama ini.

Ruas jalan yang diperkirakan diaspal pada tahun 2015 ini harus dirubah atau dibongkar struktur jalan, apabila ingin kembali dipermulus. Sampai bergelombang, kata Ilyas, bukan karena awal pengaspalan tidak sesuai dengan prosedur akan tetapi kondisi ruas jalan yang miring dan jumlah kendaraan yang melintas sangat ramai membuat jalan menjadi bergelombang. Pada saat pengaspalan aspal sangat mulus, namun karena kondisi jalan yang sedikit menurun lama kelamaan tergulung, terutam akendaraan berat yang melintas seperti truk yang mengangkut pasir.

Proses perbaikannya harus dibongkar lagi, di bagian bawahnya harus dikeluarkan lagi atau dikupas, atau dibuatkan jalan beton. (Harian Umum Radar Sulteng/acm)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*