Persyaratan Dipenuhi, SIM Langsung Jadi

Demi memberi kemudahan kepada masyarakat Kota Palu dalam membuat Surat Izin Mengemudi (SIM), kini Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Palu menggunakan sistem online dalam melayani masyarakat yang ingin membuat SIM. Pelayanan SIM Online, bertujuan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat.

“Asalkan persyaratan membuat SIM sudah dilaksanakan si warga hingga lulus, tidak lama kemudian SIM langsung jadi,” ungkap Kasatlantas Polres Palu, AKP Hangga Utama saat dihubungi Sabtu kemarin (22/10).

Hangga menjelaskan, untuk syarat-syarat yang harus ditempuh para warga yang hendak mengurus SIM antara lain, melakukan pendaftaran di tempat pembuatan SIM Satlantas Polres Palu di Jalan Balai Kota, Kecamatan Palu Selatan. Kemudian, dilakukan identifikasi seperti, sidik jari. Selanjutnya mengikuti ujian teori, dan langkah terakhir ujian praktik.

“Tapi, seandainya ujian teori dan ujian praktik tidak lulus, akan diulang kembali, sampai dinyatakan lulus oleh anggota satlantas Polres Palu,” jelas Hangga.

Tarif dalam pembuatan SIM, dijelaskan Hangga, berbeda-beda. Tergantung jenis SIM yang hendak diurus oleh warga tersebut. Untuk SIM A, ongkos pembuatannya berkisar Rp 120 ribu. Sedangkan untuk perpanjangan, seharga Rp 80 ribu. Untuk SIM C yang baru, Rp 100 ribu, perpanjang Rp 75 ribu.

“Penerapan sistem online ini, selain meningkatkan kenyamanan, kecepatan dan kepastian serta objektivitas. Keunggulan lainnya adalah, bebas dari aksi calo,” ujar Hangga. (Harian Umum Radar Sulteng/fcb)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*