Disdukcapil Lakukan Pembenahan Ruang Kantor dan Pelayanan, Masyarakat Tidak Lagi Berdesak-Desakan

Dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palu telah melakukan pembenahan, baik pembenahan di ruangan kantor maupun tatacara pelayanan kepada masyarakat.

Dari pantauan Radar Sulteng Jumat (21/10) pekan lalu, suasana berbeda tampak terlihat di kantor Disdukcapil, tidak lagi saling desak-desakan dalam pelayanan kepada masyarakat. Antrean panjang juga tidak terjadi. Jika harus mengantre, kini telah disediakan kursi agar masyarakat bisa lebih nyaman. Pelayanan juga ditambah, jika ada masyarakat yang hendak mengurus KTP, Kartu Keluarga atau Akta, tinggal menuju ke tempat pelayanan yang dituju.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Palu, I Ketut Simon mengatakan, selama tiga hari tepatnya pada 15, 16, dan 17 Oktober lalu, ruangan tempat pelayanan Disdukcapil diperbaiki.

“Pada saat perbaikan tempat pelayanan semua kepengurusan ditiadakan, karena tidak mungkin ada orang kerja, dan banyak kabel, kita tetap melayani. Kasihan masyarakat nanti terganggu, pekerja juga terganggu,” ungkapnya.

Dikatakan I Ketut Simon, perbaikan ruangan sudah direncanakan sejak lama, namun baru terealisasi pada akhir Oktober 2016 ini. Perbaikan tempat pelayanan Disdukcapil sengaja dilakukan agar masyarakat yang datang tidak perlu berdesakan dan berdiri lama.
“Banyak kritik dan saran ketika tempat pelayanan Disdukcapil belum diperbaiki, dan sekarang jika masyarakat hendak mengurus KTP, Kartu Keluarga, dan Akta bis alebih mudah dan tidak perlu menunggu lama,” jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya akan selalu melakukan perubahan dan peningkatan pelayanan Disdukcapil. Agar masyarakat selalu merasa nyaman dan tidak kesulitan.

“Pembenahan akan selalu dilakukan. Kalau sekarang pencetakan KTP berkisar 2 hingga 3 hari, ke depannya 1 hari akan langsung jadi, dan tidak bisa diwakili pengambilannya,” tandasnya. (Harian Umum Radar Sulteng/cr1)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*