Dinas ESDM Pasang PJU Baru di Sekitar Penggaraman Talise

Masih banyaknya lampu penerangan jalan umum (PJU) di titik-titik ruas jalan di Kota Palu yang membutuhkan pemeliharaan dari sejak lama oleh dinas terkait rupanya belum dapat ditindaklanjuti, misalnya salah satunya di Jalan Soekarno Hatta yang biasa rawan dengan terjadinya kecelakaan, khususnya di malam hari karena kurangnya penerangan. Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kota Palu belum lama ini memasang beberapa tiang PJU di lokasi penggaraman Talise, Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore.

Kepala Dinas ESDM Kota Palu, Ir. Yusrini pada Rabu kemarin (21/9) mengakui, PJU di Jalan Soekarno Hatta ada beberapa terkendala dengan jaringan yang putus, padahal sebelumnya pihaknya telah memasang meteran, namun entah mengapa tanpa sepengetahuannya jaringan tersebut sudah terputus.

Sedangkan untuk melakukan perbaikan atau pemeliharaan terkait kondisi tersebut, menurut Yusrini, dana pemeliharaan sudah tidak ada sepeserpun yang tersisa untuk menanggulangi permasalahan kelistrikan di Kota Palu yang sangat banyak. Seperti ada pengrusakan jaringan yang sengaja diputus oleh masyarakat, balon yang dipecahkan, sehingga mengakibatkan anggaran sudah tidak tercukupi.

“Saya mau minta tambah dengan Pak Wali tidak dsetujui, jadi ya mau buat apa lagi. Ingin konsultasi dengan Pak Wali, apakah kita ingin tangani terlebih dahulu nanti pembayarannya di tahun 2017 kita akan kerjakan. Akan tetapi beliau juga lagi sibuk,” ujarnya.

Dia menambahkan, beberapa PJU di Eks STQ ini juga sebagiannya sudah menggunakan sistem pengisian pusa di luar dari yang terkendala oleh jaringan, namun apabila kondisi PJU sedang mati, maka dana untuk membeli pusa sudah habis.

“Uang pulsa yang tidak ada. Uang pulsa masuk di pembayaran PJU, dia tidak masuk ke dana pemeliharaan,” sebutnya.

Untuk dana pemeliharaan, kata Yusrini, dikucurkan secara tri wulan dengan anggaran yang dikujurkan Rp. 50 Juta, sehingga dalam setahun ESDM mendapat dana pemeliharaan sebanyak rp. 200 juta.

“Untuk tahun ini sudah habis. Saya masuk di ESDM bulan Mei 2016 itu tinggal satu tri wulan lebih dananya. Jadi hanya itu yang saya maksimalkan untuk perbaiki semua jaringan dan keperluan yang sudah mendesak,” ungkapnya.

Sementara itu, menyinggung soal pemasangan PJU di sekitaran penggaraman Talise yang diduga menjadi prioritas, terkait Festival Pesona Palu Nomoni, dibantah oleh Yusrini. Menurutnya, itu telah diprogramkan dan bukan terkait Palu Nomoni.

“Itu bagian dari program kita sejak jauh-jauh hari, bukan karena Palu Nomoni tapi telah dianggarkan dari awal,” tegas Yusrini.

Diterangkannya, anggaran yang diperuntukkan bagi tiang PJU tersebut sudah ada sebelumnya di Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Dia mengakui sedikitnya terdapat 23 sampai 25 titik lampu PJU di lokasi ini dengan anggaran Rp. 370 juta (Harian Umum Radar Sulteng/acm)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*