Daya Listrik Kota Palu dan Sekitarnya Tercukupi, Jaringan Palu Terkoneksi Dengan Sulsel dan Sulbar

Kelistrikan di Sulawesi tengah, khususnya kota Palu dan sekitarnya kini telah mempunyai kecukupan daya, dengan diresmikannya gardu induk transmisi dari Sidera ke Talise sebesar 70 Kv (EXT). Dengan diresmikannya gardu Induk Sidera ke Talise, jaringan transmisi sudah terkoneksi dengan Sulawesi selatan dan Sulawesi barat.

Pengoperasian jaringan transmisi Gardu Induk Sidera – Talise, 70 Kv (EXT) diresmikan Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H Longki Djanggola, MSi, di Gardu Induk Talise, Rabu (10/8). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasast, yang selanjutnya dilakukan penekanan tombol operasi jaringan oleh Gubernur di ruang kontrol. Sebelumnya telah beroperasi jaringan transmisi Sidera – Silae.

“Jadi kalau kekurangan energi mungkin tidak lagi saat ini. Tinggal kita jaga, kalau Makassar padam baru kita padam,” kata Gubernur. Dengan terkoneksinya jaringan di tiga provinsi ini kata Gubernur, masyarakat akan lebih menikmati energi listrik tanpa kekurangan energi lagi.

Namun Gubernur masih berharap adanya dukungan energi dari PT.PLN, mengingat ke depan Sulawesi Tengah mempunyai dua kawasan khusus ekonomi dan kawasan industri Morowali yang sangat membutuhkan energi listrik dalam jumlah besar.

“Ke depan kita masih membutuhkan energi, karena kita ada kawasan ekonomi khusus di Pantoloan, kawasan industri Morowali yang sudah ditetapkan pemerintah, membutuhkan energi,” ungkap Gubernur dalam sambutannya.

Dengan terkoneksinya jaringan ini, Gubernur berharap dapat dirasakan oleh rakyat Sulawesi tengah. Diakui Gubernur dalam menyelesaikan masalah kelistrikan di Sulawesi tengah, cukup tegas kepada PLN. Semua itu dilakukan kata Gubernur untuk kepentingan bersama, kepentingan masyarakat.

“Saya berterima kasih dan sekaligus meminta maaf kepada seluruh jajaran PLN, jika sebelumnya dalam menyelesaikan masalah kelistrikan di Sulawesi tengah, saya agak sedikit keras. Mohon dimengerti, apa yang saya lakukan demi kepentingan bersama,” kata Gubernur.

Sebelumnya Direktur PLN Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara PLN, Machnizon Masri, menyampaikan dengan diresmikannya Gardu Induk ini, kota Palu sudah terhubung secara sistem menjadi satu, antara Sulsel, Sulbar dan Sulteng.

“Dengan begitu sistem listrik di kota Palu akan menjadi kuat, menjadi besar dan kecukupan daya sudah cukup,” terang Machnizon Masri.

Apalagi satu bulan ke depan PLTU Palu akan masuk sistem PLN, 2×18 MW.

”Jadi kesimpulannya, siapa pun yang minta listrik sudah tidak ada masalah. Jadi tidak ada lagi alasan Investor, tidak mau masuk Palu karena tidak ada listrik,” ungkap Machnizon Masri, disambut aplaus Gubernur dan para undangan yang hadir.

Ke depan juga menurut Machnizon Masri, Poso (PLTA), saat ini sedang ekstension, 3×35 MW, dengan target 2018. (Harian Radar Sulteng)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*