Dinas ESDM Akui Pemeliharaan PJU Terbentur Anggaran (23 Juli 2016)

Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kota Palu mengaku karena persoalan anggaran pemeliharaan Penerangan Jalan Umum (PJU) yang masih terbatas, membuat mereka tak langsung seluruhnya memperbaiki PJU yang mengalami kerusakan.
“Banyak yang belum kita pelihara. Anggaran masih kurang dan terbatas, sehingga harus dicukupkan saja,” kata Kelapa Dinas ESDM Kota Palu, Ir. Yusrini.
Menurutnya, tiang PJU yang mendapat perbaikan tahun ini, pastinya tidak selamanya diperbaiki kembali pada tahun depan.
“Sehingga kita cari titik lain, tetapi memang ada-ada saja kerusakan yang ditimbulkan, dan banyak bagian-bagiannya yang harganya selangit (mahal),” sebutnya.
Dinas ESDM sendiri memiliki wewenang sepenuhnya untuk melakukan perbaikan atas kerusakan tiang PJU.
“Perawatannya itu ada di pihak kami, mulai dari sparepart yang rusak. Dan setiap tahun itu pasti ada pemeliharaan yang dilakukan,” ungkapnya.
Dia mengakui, dana pemeliharaan PJU yang dianggarkan setiap tahunnya mulai dari 150 hingga 200 juta rupiah. Anggaran tersebut sudah termasuk perawatan tiang, meteran, dan penggantian bohlam (bola lampu listrik).
Disinggung masih banyak ditemukannya tiang-tiang PJU yang mati di ruas jalan, seperti di Jalan Soekarno Hatta, Yusrini menerangkan ada beberapa tiang yang dipasang meteran pra bayar.
“Jadi kalau tidak diisi pulsa yang pasti tidak ada penerangan. Kita juga terbentur dengan anggaran dana untuk pengisian pulsa yang belum ada,” jelasnya.
Yusrini menyebutkan, akan mengarahkan petugasnya untuk mendata kembali tiang-tiang PJU yang masih bermasalah. Mungkin akan mendapat perbaikan pada triwulan mendatang.
“Saya sudah tugaskan untuk mendata kembali perbaikan yang di TW tiga ini mana-mana saja yang kita perbaiki,” tuturnya.
Yusrini mengungkapkan, terdapat ruas jalan yang sebelumnya masih minim penerangan, sekarang telah kembali ke kondisi yang normal.
“Sekarang memang masih dalam tahap perawatan, coba lihat seperti di jalan Cumi-Cumi kondisinya sudah menyala,” ungkapnya. (Harian Umum Radar Sulteng/acm)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*