Traffic Light di Jalan S. Parman Akan Diganti (9 Mei 2016)

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Palu tahun ini berencana untuk mengganti baru tiga traffic light. Pergantian traffic light itu, dua di antaranya berada di Jalan S. Parman tepatnya yang berada di simpang jalan S. Parman-Soeprapto dan jalan S. Parman-Samratulangi. Sementara satu lokasi traffic light juga yang akan diganti yakni simpang jalan Moh. Hatta-Jalan Gatot Subroto.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas dan Pengawasan Dishubkominfo Kota Palu Denny R. Sumolang, SIP, M.Si mengatakan, tiga traffic light itu perlu diganti karena sudah tua. Disamping itu, tiga traffic light tersebut tidak menggunakan panel tenaga surya, melainkan instalasi yang dipasang diambil dari aliran listrik milik PLN.

“Kalau menggunakan tenaga surya kadang macet, nah sementara kalau menggunakan listrik langsung lebih efektif,” terangnya.

Sementara untuk traffic light yang menggunakan sistem Area Traffic Light Control System (ATCS) sebut Denny, tahun ini ada penambahan. Namun jumlah itu belum dipastikan berapa.

“Tahun ini penambahan ATCS ada, tapi jumlahnya kami belum tahu, sebab mungkin nanti mendekati akhir-akhir bulan baru dicairkan,” sebutnya.

Dia mengatakan, penambahan unit ATCS itu bersumber langsung dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Yang mana, pemerintah pusat langsung mengadakan pengadaan.

“Kami di daerah tinggal menerima barang. Jadi semuanya pengurusannya itu pemerintah pusat,” tutup Denny.

Traffic Light dengan sistem ATCS di Palu terpasang di tiga simpang, antara lain simpang jalan Abdul Rahman Saleh – Dewi Sartika, Basuki Rahmat – Zebra, dassn simpang jalan Basuki Rahmat – Emy Saelan. Tiga ATCS itu merupakan pemberian dari Kementerian Perhubungan melalui Balai LLAJSDP Palu dan sudah diserahterimakan sementara ke Dishubkominfo Kota Palu. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*