Proyek Boras-Palu akan Dikonkretkan (19 April 2016)

Proyek Kerjasama Internasional antara Pemerintah Kota Palu dengan Boras SP akan diperjelas. Yakni bukan sebatas jalinan kerjasama semata, tetapi diperjelas lagi melalui road map dan master plan.

Plt. Sekretaris Kota Palu, Ir. Dharma Gunawan mengatakan, road map itu sangatlah penting menggambarkan kerjasama tersebut secara terperinci.

“Yang dikatakan pak Wali Kota, bisa 20 tahun hingga 30 tahun mendatang,” jelasnya kemarin.

Pemkot Palu, kata Dharma, tidak menginginkan kerja sama Palu-Boras ini menjadi hanya kerja sama biasa yang tidak memberikan manfaat bagi masyarakat. Maka itulah, Pemkot Palu akan mengkonkretkan kerja sama ini.

Sebagaimana diketahui, empat proyek Internasional yang akan dikerjasamakan yaitu pengembangan sekolah lingkungan pada SDN Inpres 1 Kawatuna dan SDN Kawatuna, pengembangan energi listrik dari limbah rumah tangga di TPA Kawatuna, pengembangan energi listrik dari kotoran manusia pada Instalasi Pengelolaan Limbah Tinja, dan pengembangan tahura, serta hutan kota.

Sejak kedatangan tim Boras Swedia Rabu (13/4) lalu, mereka telah melakukan peninjauan ke beberapa tempat yang berpotensi dikembangkan untuk dikerjasamakan. Pemkot Palu yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Hidayat, senantiasa mendampingi rombongan dari Boras meninjau beberapa lokasi proyek Internasional tersebut, selain itu juga diperlihatkan, potensi teluk dan sungai, serta lembah yang dikelilingi oleh gunung.

Menurut Dharma, usai melakukan peninjauan terhadap lokasi-lokasi strategis untuk tindak lanjut usulan empat project internasional oleh Pemkot Palu, pihak Swedia akan menyusun konsep pengembangan untuk didiskusikan bersama Pemkot Palu.

Hasil dari diskusi atas peninjauan tersebut, akan disusun dalam bentuk resume oleh pihak Swedia dan akan digodok lebih lanjut oleh mereka di Swedia, sebelum kembali lagi ke Kota Palu dengan pelaksanaan teknis empat usulan tersebut.

“Penyusunan resume sudah dilaksanakan Senin (18/4) di ruang rapat kantor Wali Kota Palu,” tandasnya, namun Dharma belum merinci isi resume tersebut. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*