150 Rumah Masuk Program Bedah Rumah (1 Januari 2016)

Selama tahun 2015, Pemerintah Kota Palu (Pemkot) Palu melakukan rehabilitasi rumah tak layak huni sebanyak 39 rumah. Rumah-rumah tersebut masuk dalam program Bedah Rumah. Adapun program Bedah Rumah tersebut akan terus dilanjutkan pada tahun 2016 ini. Seperti yan gdiungkapkan oleh Kepala Dinas Penataan Ruang dan Perumahan (DPRP) Kota Palu, Singgih B. Prasetyo.

Singgih mengungkapkan, Rabu (30/12), Pemkot Kota Palu berhasil melakukan bedah rumah tak layak huni di Kelurahan Donggala Kodi. “Nilai Bedah Rumah setiap rumah sebesar 10 Juta, khususnya untuk membeli bahan material,” ungkapnya.

Menurutnya, masyarakat yang mendapatkan bantuan bedah rumah yakni rumah para masyarakat miskin, yang kondisi rumahnya sudah tidak layak huni. “Karena itu, tahun 2016, kita targetkan sekitar 150 rumah akan kita bedah. Khususnya rumah-rumah kumuh dan tidak layak huni,” katanya.

Lanjut Singgih, dana untuk 150 rumah untuk tahun 2016 nanti akan masuk dalam program Bedah Rumah dan anggarannya berasal dari APBN. “Alhamdulilah, tahun 2016 kita mendapatkan bantuan dari APBN untuk peraikan rumah tidak layak huni sekitar 150 rumah,” katanya.

Sementara, kata singgih, untuk dana dari APBD sendiri tahun 2016, ada sekitar 40 rumah tidak layak huni yang akan mendapatkan program bedah rumah. “Jadi anggarannya sekitar 500 juta, khusus untuk perbaikan rumah tidak layak huni dari APBD untuk tahun 2016,” pungkasnya. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*