Konstruksi Dianggap Sudah Tua, Tanggul Diperbaiki

Dianggap kondisi konstruksinya sudah tua, tanggul Sungai Palu di Kelurahan Tatura Selatan, Kecamatan Palu Selatan, diperbaiki. Pengawas dari Dinas Pekerjaan Umum (PU) Andi mengatakan, pekerjaan tersebut sudah dilakukan hampir sebulan. Perbaikannya hanya sepanjang 500 meter, dari bawah jembatan jalan I Gusti Ngurah Rai.

Menurutnya, resiko terkena dampak banjir masih menjadi kekhawatiran masyarakat yang tinggal di pinggiran sungai. Olehnya, untuk meminimalisir dampak banjir, Dinas PU melakukan perbaikan tanggul.

Dalam pekerjaan tersebut ada dua alat berat jenis ekskavator yang digunakan untuk menggali pasir di tepi batas antara sungai dan tanggul.

“Sejak dibangun tanggul ini, banjir hampir tidak pernah terjadi. Kalaupun terjadi tidak separah waktu belum dibangun tanggul ini. Sekarang diperbaiki dengan harapan kami, bangunannya kuat dan mampu menahan banjir,” terangnya.

Sementara itu, menurut salah seorang warga, Niar (50) mengatakan adanya perbaikan tanggul diharapkan mampu mengatasi dampak banjir. Selain itu, pemerintah melakukan penataan daerah aliran sungai (DAS).

“Bukan hanya tanggulnya yang diperbaiki, tetapi juga di sekitar daerah tanggul ini,” tandasnya.

Meski begitu, Niar mengaku warga agak terganggu dengan debu akibat pekerjaan perbaikan tanggul. Tidak jarang, hampir semua rumah warga ditutup mengingat truk yang lalu lalang.

“Resiku tinggal di dekat sungai begitu, kalau ada perbaikan begini pasti rumah kita sasaran. Jadi tinggal kita saja, basiram terus supaya abunya tidak sampai masuk ke rumah,” ujarnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*