Empat Traffic Light Segera Berfungsi

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Palu kembali akan memfungsikan empat traffic light yang telah terpasang di beberapa titik di Kota Palu. Saat ini kondisi traffic light tersebut dalam tahap flashing sekaligus menyosialisasikan kepada pengendara mengenai keberadaan traffic light tersebut.

Kepala Bidang Pengendalian Pengawasan Lalu Lintas Dishubkominfo Kota Palu, Denny R. Sumolang menerangkan tahap flashing merupakan tahap di mana lampu traffic light yang menyala hanya pada lampu berwarna kuning atau yang berarti tanda berhati-hati.

“Jadi saat ini masih dalam tahap flashing sekaligus sosialisasi kepada pengendara,” ungkapnya.

Kata Denny, tahap flashing dan sosialisasi tersebut tidak berlangsung lama, hanya butuh waktu beberapa hari dan paling lama seminggu. Oleh karena itu, kata Denny, dalam waktu dekat ini traffic light akan segera berfungsi.

“Dua atau tiga hari ke depan semua titik traffic light yang telah terpasang sudah akan berfungsi,” katanya.

Menurut Denny, di beberapa titik traffic light tersebut akan diatur beberapa fase, salah satunya di traffic light jalan Juanda-Setia Budi, kemungkinan akan diatur menggunakan tiga fase.

“Kemungkinan besar di jalan Juanda akan diatur tiga fase sehingga arus lalu lintas bisa lebih lancar apabila ketiga jalur tersebut satu per satu yang jalan, karena kalau dua jalur berjalan secara bersamaan maka dikhawatirkan akan terjadi kemacetan,” ujarnya.

Untuk menentukan berapa fase yang akan digunakan dalam satu simpang, tambah Denny, maka akan dilakukan kajian terlebih dahulu salah satunya dengan melihat jalur mana yang dominan dilalui kendaraan.

“Kalau dua arah yang dominan dilalui kendaraan, maka dua fase cukup, tetapi kalau ketiganya dominan dilalui kendaraan, maka harus tiga fase agar tidak terjadi konflik arus lalu lintas,” tandasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*