Terminal Manonda Akan Dipindahkan

PALU—Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Palu berencana akan memindahkan Terminal Manonda. Menurut Kepala Dinas Ajenkris, fungsi terminal Manonda semakin tergeser ke aktivitas pasar.

“Ke depan rencananya akan dipindah. Karena di lokasi terminal itu akan dijadikan pasar,” jelas Ajenkris, saat ditemui di kantornya, kemarin (9/4).
Meski begitu, Ajenkris mengaku lokasi pemindahan terminal masih dibahas. Menurutnya, lokasi terminal Tipo Manonda tidak akan berjauhan dengan lokasi terminal saat ini.

“Lebih teknis nanti akan ditentukan langsung oleh Sekkot di mana lokasi yang terbaik,” jelasnya.

Menurut Ajenkris, Terminal Manonda saat ini berkurang fungsinya. Dulu Terminal Manonda ramai karena pembongkaran barang, baik dari Kabupaten Donggala dan Kabupaten Sigi, yaitu Pakuli, Kulawi dan Bangga. Namun kini, aktivitas Terminal Manonda sebagai tempat naik turun penumpang angkutan kota (Angkot).

“Karena sebelum di Manonda, penumpang dari arah Donggala turun di Tipo,” jelasnya.

Apalagi ke depan, pengelolaan Terminal Sigi mulai berjalan sehingga akan mengurangi penumpang yang langsung turun di Terminal Manonda.
“Jadi sudah tidak ada lagi yang turun di Terminal Manonda, terkecuali bagi lalu lintas Angkot saja yang menurunkan dan menaikkan penumpang,” jelasnya.

Setelah lokasi terminal dipindahkan, lokasi Terminal Manonda akan diubah fungsinya sebagai pasar tumpah. Di mana pedagang bisa memfungsikannya sebagai pasar di waktu pagi dan sore saja.

Sementara itu, sampai belum ada keputusan, Terminal Manonda masih berfungsi.

“Pengelolaan tetap jalan hanya saja tidak akan ada perbaikan sarana apalagi penambahan karena mau dipindah,” tambahnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*