Kenaikan Tarif Parkir Dibarengi Sarana Memadai

PALU — Wacana DPRD Kota Palu yang menginginkan kenaikan PAD dari retribusi parkir, perlu ditunda lebih dulu. Sebelum pelayanan parkir dimaksimalkan, maka kenaikan PAD dari jasa parkir akan menimbulkan masalah baru.

Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo (Dishubkominfo) Kota Palu, Ajenkris mengatakan, kenaikan target PAD parkir otomatis membuat tarif parkir naik. Kenaikan tarif parkir menjadi solusi pertama lantaran, sarana parkir di Palu sangat terbatas.

“Berikan kami sarana kawasan parkir, baru bisa dibahas kenaikan PAD dari sektor parkir,” jelas Ajenkris di kantornya, kemarin (19/8).
Kawasan parkir bisa menjadi modal untuk kenaikan PAD. Dengan bertambahnya kawasan parkir maka otomatis bertambah pendapatan retribusi parkir.

“Saya minta solusi cerdas, kalau mau naikkan PAD parkir. Contoh dibangun kawasan parkir di Jalan monginsidi, ada lahan yang dibebaskan yang peruntukkannya sarana parkir. Otomatis pendapatan parkir di sana bertambah,” ujarnya.

Kenaikan PAD dari jasa parkir yang tidak dibarengi dengan penambahan sarana parkir, malah akan menimbulkan polemik di masyarakat. Otomatis pemkot akan merevisi perda parkir dari tarif sebelumnya Rp. 1.ooo,- menjadi lebih tinggi lagi.

PAD dari jasa parkir tahun 2015 ini yang ditargetkan DPRD Palu, mencapat Rp. 2,65 miliar. Satu cara agar tercapai target tersebut dengan cara menarik jasa parkir dari PNS Palu dengan bukti panning.

“Namun cara itu ternyata masih menyusahkan juru parkir, karena mereka tidak mendapatkan keuntungan dari panning itu,” jelasnya.
Tiga tahun sebelumnya pada 2013, target PAD parkirannya Rp. 250 juta, naik ke 2014 naik berkali lipat menjadi Rp. 2,5 miliar pada tahun 2014.

Tahun 2015 naik menjadi Rp. 2,65 miliar. Jasa parkir tersebut yang paling besar retribusinya dari PNS yang mencapar Rp. 2,1 miliar, dan ditambah dari jasa parkir tepi jalan dan parkir khusus yang mencapai Rp. 500 juta lebih.

“Itu di luar pajak parkir yang langsung masuk ke PAD di luar sektor parkir,” jelasnya. (bar)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*