PU Sosialisasikan Rancangan Perda tentang Sungai

PALU — Resiko terkena dampak banjir masih menjadi kekhawatiran masyarakat, khususnya yang mendirikan rumah di pinggiran sungai atau yang berada di sempadan sungai. Olehnya, untuk meminimalkan dampak banjir tersebut, Dinas Pekerjaan Umum (PU) berupaya mengatasinya dengan merancang Peraturan Daerah (Perda). Rancangan Perda tersebut akan disosialisasikan, sebab pada umumnya masih ada masyarakat yang belum mengetahui jelas tentang fungsi sempadan sungai sehingga mendirikan bangunan di atasnya.

Kepala Seksi Pengelolaan Sungai dan Pantai Dinas PU Kota Palu, Eko Mardiono, mengungkapkan tujuan utama dalam perancangan perda tentang sungai tersebut untuk memberitahukan kepada masyarakan bahwa akan ada rancangan perda tentang sungai, yang mengatur sempadan sungai dan mengikat kepada masyarakat bahwa dalam pembangunan ke depannya harus disesuaikan dengan peraturan-peraturan yang ada dalam perda sungai tersebut.

“Salah satunya mendirikan bangunan di sempadan sungai. Kemudian persoalan pinggiran sungai yang bisa diperuntukkan hanya untuk fasilitas-fasilitas umum seperti taman bermain, tempat parkir dan lain-lain itu masih diperbolehkan. Tapi kalau untuk rumah, itu sudah harus menyesuaikan kondisi yang ada di dalam Perda tersebut,” ungkapnya.*

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*