Dinas PU Janji akan Perbaiki Jalan Datu Adam, Masyarakat Diminta Ikut Berpartisipasi Memelihara Jalan

PALU — Rusaknya Jalan Datu Adam yang disebabkan meluapnya air dari drainase di sekitar jalan tersebut, juga dari luapan air yang berasal dari Jalan Pipa Air membuat warga sekitar mendesak pemerintah agar segera melakukan perbaikan. Pemerintah Kota Palu melalui Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu akan kembali memperbaiki jalan tersebut, namun belum akan dilakukan pada tahun ini, melainkan baru akan terealisasi di tahun 2016 mendatang.
Kepala Bidang Binamarga Dinas PU Kota Palu, Ilyas Ladjinto mengungkapkan, penyebab kerusakan jalan ini karena adanya genangan air dari luapan drainase. Sementara itu kata Ilyas, meluapnya drainase di jalan tersebut selain disebabkan karena sedimen yang sudah semakin tinggi, juga disebabkan oleh plat deker yang dibangun warga di atas drainase, sehingga sampah sering menyangkut di plat deker.
“Saat ini Jalan Datu Adam terus dikeluhkan masyarakat, tetapi masyarakat sendiri tidak mengetahui bahwa penyebab dari kerusakan jalan tersebut adalah air,” jelasnya.
Perbaikan Jalan Datu Adam, kata Ilyas, belum bisa dilaksanakan pada tahun ini, tetapi pada tahun depan. Pihaknya akan memprogramkan jalan ini untuk diperbaiki.
Padahal Ilyas mengungkapkan, jalan Datu Adam baru sekitar dua-tiga tahun lalu diperbaiki. Tetapi sudah rusak kembali.
“Padahal belum lama kita perbaiki jalan itu, tapi sudah rusak lagi. Penyebabnya itu karena air dari dalam drainase, saat drainase tersumbat masyarakat hanya membiarkan,” ujarnya.
Ilyas berharap, masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam memelihara jalan agar tidak cepat rusak. Karena jika masyarakat hanya membiarkan seperti itu terjadi di Jalan Datu Adam, maka jalan akan kembali cepat rusak.
“Kita ‘kan memperbaiki jalan menggunakan uang dari masyarakat juga, jadi kami berharap masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam memelihara jalan agar tidak cepat rusak,” katanya.*

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*