Satpol PP Akui Implementasi Perda Ternak Belum Maksimal

Dalam penanganan hewan ternak yang masih berkeliaran bebas dikawasan Kota Palu, Menurut Kepala Bidang Penegakan Perundang Undangan Daerah Satuan POL PP Kota Palu, Trisno Yulianto, mengungkapkan masalah yang sesungguhnya terjadi terkait maraknya hewan ternak yang berkeliaran ialah implementasi penegakan Perdatentang hewan ternak yang belum maksimal.

Menurut Trisno sebenarnya yang mempunyai kewenangan pertama kalijika hewan ternak berkeliaran di tempat umum adalah ialah aparat kelurahan setempat. Jika ada ternak yang berkeliran bebas kata Trisno, aparat kelurahan, setelah itu menghubungi Sat Pol PP, yang selajutnya akan dibawa ke dinas Pertanian.

Jadi yang pertama dalam penindakan perda itu adalah Kelurahan, mereka punya kewenagan untuk mengamankan ternak liar.

“Yang penting barang bukti ada kita langsung ke lokasi,” kata Trisno Yunianto, pada reporter, Rabu (13/5)

Trisno menambahkan, bahwa pihak kelurahan maupun kecamatan harus mempunyai inisiatf tersendiri, jangan hanya mengadalkan petugas Satpol PP menindak Hewan Ternak Liar.

Kata Trisno, sebelum pihak kelurahan itu pasti sudah memberikan sosialisasi kepada terhadap pemilik ternak agar tidak melepaskan ternaknya, karena ada sanksi yang berlaku.

“Kalau ada misalnya itu tertangkap itu diamankan di kelurahan, kita ambil dan dikandangkan di dinas pertanian, orang yang mau tebus itu Rp 750 ribu untuk kambing dan sapi 2 Juta Rupiah, peraturannya sudah sangat tegas,” ungkapnya.

Lanjut Trisno, hewan ternak itu tidak sama dengan PKL. Oleh karena itu, pihaknya sering keciolongan pada saat mekaukan trolim untuk penertiban Ternak. Menurutnya, di dalam seminggu bisa sebanyak tiga kali turun ke lapangan tapi pulang dengan tangan hampa.tapi setelah mereka tidak turun hewan ternak malah berkeliaran dimana mana. Itu fungsinya kelurahan terhadap hewan yang tidak bisa menetap disuatu lokasi, tidak sempat dapat ternaknya, coba kelurahan amankan terlebih dahulju,” jelasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*