Diduga Buntu, Air Drainase Meluap Hingga Ke Jalan

Drainase bermasalah tidak hanya terjadi di pusat Kota Palu. Di Ruas jalan wilayah Utara Kota Palu, masalah drainase meluap juga terjadi. Slaha satunya, yakni drainase yang berada diruas jalan RE Martadinata Kelurahan Tondo.

Menurut pantauan, Minggu (10/5) air drainase tampak terus meluap hingga ke badan jalan. Meluapnya drainase tersebut diduga kuat terjadi karena saluran gorong gorong drainase mengalami kebuntuan sehingga menyebabkan aliran air drainase menjadi tersumbat.

Tampak aliran air tersebut mengalir hingga ke seberang jalan yang mana tak jarang pengendara yang melintas mengurang kecepatan laju kendaraan. Tak jarang pula terjadi cpratan air dari luapan tersebut karena ada kendaraan yang melintas dengan cepat.

“Kalau saya belum pernah kena airnya (cipratannya, Red). Tapi sering juga ada orang yang sementara jalan terus ada mobil yang lewat terus sapu rata airnya dan langsung kena orang yang di jalan itu,” ujar Feri salah satu warga setempat.

Lebih lanjut, Feri mengatakan bahwa kondisi tersebut terjadi akan lebih parah jika terjadi hujan lebat karena kondisi tersebut akan lebih parah jika terjadi hujan lebat, karena volume air di dalam drainase bertambah dan meluap ke badan jalan.

“Lebih parah lagi nanti kalau sudah hujan, pasti lebih banyak lagi airnya yang mengalir ke jalan karena tidak bisa mengalir karena buntu,” kata Feri.

Kondisi meluapnya air pada drainase tersebut menurutnya sudah lama terjadi. Namun hingga kini sepertinya belum tampak ada perbaikan yang dilakukan. Feri menambahkan sumbatan Drainase diduga bukan hanya sampah, tetapi diperkirakan sudah tertutup oleh beton sehingga menutup permukaan drainase.

“Sudah lama sekali ini sudah mau hitungan bulan sudah. Ada kemungkinan yang bhuntu itu di dalam gorong gorong itu. Tapi susah dibersihkan karena sudah ditutup dengan semen itu.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*