PU Ajak Masyarakat Berpartisipasi Tanam Pohon Cegah Banjir, Utamanya di Pinggir Sungai

Sejumlah tebing tebing di sungai yang tergerus akibat banjir di Kota Palu belakangan ini, menimbulkan kekhawatiran dari masyarakat. Oleh karena itu Dinas PU Kota Palu Menghimbau sekaligus mengajak masyarakat, untuk ikut berpartisipasi dalam mencegah terjadinya hal hal yang tidak idiinginkan akibat banjir. Salah satunya menanam pohon di pinggir sungai.

Kepala Seksi pengelolaan sungai dan Pantai Dinas PU, Eko Mardiono, mengungkapkan, khususnya di daerah Kelurahan Poboya, pihaknya menghimbau agar masyarakat tidak terlalu berlebihan dalam menambang pasir di daerah aliran sungai. Selain itu kata Eko, diharapkan masyarakat bisa berpartisipasi dalam menanam pohon dipinggiran sungai khususnya jenis tanaman bambu.

“Selain itu, diharapkan masyarakat jangan membangun sebuah bangunan di bibir sungai, sehingga ada antisipasi jika terjadi banjir. Sempadan sungai karena jika terjadi banjir besar dan mengenai limbah rumah masyarakat itu sendiri,” katanya.

Idealnya, kata Eko, untuk membangun bangunan atau rumah harus berjarak sekitar 5 sampai 10 meter dari dari bibir sungai, sehingga ada antisipasi jika terjadi banjir.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*