Perbaikan Drainase Dan Jalan Jadi Prioritas pada Usulan Musrenbang 2015 di Kelurahan Tondo

Bercermin pada hasil Musrenbang tahun 2014 khususnya di Kelurahan Tondo, dimana tidak semua usulan masyarakat yang terealisasi, Pemerintah bersama Masyarakat Kelurahan Tondo akan kembali mengusulkan prioritas perbaikan drainase dan pengaspalan jalan di Musrenbang tahun 2015 untuk dikawal hingga penetapatan RAPBD Tahun 2016.

“Program yang akan kami ajukan adalah masih merupakan program yang sama pada tahun sebelumnya yang belum terpenuhi, dimana program yang terpenuhi di tahun kemarin berdasarkan Musrenbang 2014 itu hanya Satu Program saja yang terealisasi,” ungkap Lurah Kelurahan Tondo Andi Lasosu DM beberapa waktu lalu.

Andi mengungkapkan, bahwa program pada Musrenbang tahun 2014 hanya satu yang terpenuhi yakni program perbaikan drainase, dan sekitar enam program lainnya masih belum terealisasi.

Menurut Andi, permasalahan drainase adalah salah satu program yang perlu diprioritaskan di Kelurahan Tondo, karena permasalahan yang ditimbulkan akibat drainase yang tidak berfungsi sering sekali tampak ketika terjadi hujan lebat.

“Kenapa harus drainase, karena jika hujan lebat tiba air hujan langsung menggenangi rumah warga atau ke jalan sehingga jalan kebanyakan tergenang air. Dengan datangnya hujan lebat, kondisi di Kelurahan Tondo sama saja dengan tidak memiliki drainase,” paparnya.

Selain permasalahan tersebut, yang menjadi skala priorotas untuk Musrenbang 2015 Kelurahan Tondo adalah program pengaspalan jalan, yang menurutnya sangat perlu dilakukan secepatnya atau pada tahun anggaran 2016 nanti.

“Persoalan lain yang belum terlaksana adalah seperti pengaspalan jalan, termasuk pengaspalan jalan lingkar. Dan ini akan saya suarakan lagi pada musrenbang kali ini,” terangnya.

Menurutnya, untuk sasaran yang paling banyak pada usulan program Musrenbang kali ini lebih tertuju kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Palu. Dimana kurang lebih ada sekitar 6 program kerja yang sifatnya lebih ke pembangunan fisik.

Ia berharap agar Dinas terkait misalnya PU bisa memberikan penjelasan mengenai alasan belum terealisasinya program pembangunan di Kelurahan Tondo.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*